Sabtu, 20 Juli 2013

Soal UTS SP Makul Pembelajaran TIK di SLTP & SLTA (Kelas C/Sulia Ningsih, S.Pd)



Berikan analisis tentang beberapa hal dibawah ini berkaitan dengan pemahaman anda mengenai upaya guru mencapai keberhasilan pembelajaran TIK  di SLTP maupun di SLTA.
1.       Pemahaman pada Kurikulum yang berlaku
2.       Tujuan Pembelajaran pada mata pelajaran TIK
3.       Pembuatan RPP
4.       Pemilihan stratagi, media, dan metode
5.       Pemilihan teknik dan prinsip penilaian


Catatan :  Bagi jawaban yang sama, dengan sangat menyesal nilai akan langsung dibagi dua
                   Format jawaban: Nama, NPM, kelas dan langsung jawaban 
                   Pengumpulan Tugas diposting di link komentar hari Minggu 21 Juli 2013
                   mulai dari pukul 09.00 -17.00 WIB
              
  

9 komentar:

  1. Nama : Lasmini
    NPM :11 22 230
    Kelas : C

    1. Pemahaman pada kurikulum yang berlaku
    Jawab : kurikulum yang berlaku sekarang merupakan satuan pendidikan yang bisa di sesuaikan dengan kebutuhan kenyataan dilapangan sehingga kita dapat menyesuaikan dengan karateristik sekolah tempat kita melakukan proses belajar mengajar, sehingga ujuan
    demi ketercapaian tujuan pembelajaran TIK yang efektif dan efisien.


    2. Tujuan Pembelajaran pada mata pelajaran TIK
    Jawab : Dalam pembelajaran TIK di tingkat SLTA kita harus mempunyai tujuan pembelajaran yang jelas guna untuk mencapai tujuan tersebut dalam penyusuan SK dan KD dalam perencanaan pembelajaran yang kita susun sehingga kita sebagai guru dapat Menyadarkan siswa akan potensi perkembangan dalam dirinya, Memotivasi kemampuan siswa, Mengembangkan kompetensi siswa dan Mengembangkan kemampuan belajar mandiri.

    3. Pembuatan RPP
    Jawab : Pencapaian keberhasilan pembelajaran TIK kita harus menyusun suatu rencana dimana RPP adalah stuan pembelajaran terkecil dalam penyusunan kurikulum. Dalam penyusunan RPP sendiri guru di tuntut untuk lebih aktif guna untuk mencapai penyusunan RPP yang sesuai dengan kebubutuhan pembelajaran TIK di SLTA.

    4. Pemilihan stratagi, media, dan metode
    Jawab : strategi pembelajaran adalah metode dan prosedur yang ditempuh oleh siswa dan guru dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran TIK selain itu peran media dalam proses belajar mengajar dikelas sangat mempengaruhi keberhasilan kita sebagai seorang guru sehingga pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran yang kita sampaikan dapat mudah di mengerti.


    5. Pemilihan teknik dan prinsip penilaian
    Jawab : Dalam pemilihan teknik pelajaran dikelas serta evaluasi atau penilaian pembelajaran TIK lebih mengendepankan proses pembelajaran karena mata pelajaran TIK pemahaman siswa terhadap materinya lebih banyak praktik dari pada teori. Setelah penguasaan teknik pembelajaran dan prinsip penilaian maka penerapanya di sesuaikan dengan SK dan KD yang terdapat dalam perencaan pembelajaran TIK yang kita susun.

    BalasHapus
  2. Nama : Aris Titoles Aqino
    NPM : 09 22 258
    Kelas : C

    1. Pemahaman pada kurikulum yang berlaku
    Jawab :
    Kurikulum yang berlaku saat ini dinilai lebih efektif dari kurikulum sebelumnya karena tiap – tiap sekolah atau daerah mempunyai otonomi sendiri buat menentukan rencana pembelajaran sesuai dengan sifatnya yaitu flexsibelitas , dan Pengembangan kurikulum mengacu pada standar nasional pendidikan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional serta Kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan satuan pandidikan, potensi daerah, dan peserta didik

    2. Tujuan Pembelajaran pada mata pelajaran TIK
    Jawab :
    Untuk itu agar dapat menjalankan sistem atau operasi TIK dengan baik, diperlukan tenaga operasional yang handal dalam mengontrol sistem kerja peralatan TIK tersebut. Hal inilah yang mendasari pentingnya mempelajari TIK. Perlu diketahui bahwa TIK memiliki dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi, meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan Teknologi Komunikasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Secara khusus Mengembangkan kemampuan belajar berbasis TIK, sehingga proses pembelajaran dapat lebih optimal, menarik, dan mendorong kita lebih terampil dalam berkomunikasi, terampil mengorganisasi informasi, dan terbiasa bekerjasama.

    3. Pembuatan RPP
    Jawab :
    Teknologi informasi dan komunikasi (TIK), memiliki potensi yang sangat besar sebagai sarana atau alat untuk membangun keterampilan tersebut dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, dalam pendidikan modern, guru dituntut untuk mampu mengintegrasikan TIK dalam proses pembelajaran. Artinya, guru harus memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang mengintegrasikan TIK didalamnya, sehingga proses belajar mengajar dikelas sesuai dengan tujuan pendidikan yang tercantum diperencanaan pembelajaran yang telah disusun.

    4. Pemilihan stratagi, media, dan metode
    Jawab :
    menentukan dan mengevaluasi kebutuhan informasi, strategi, dan metode pembelajaran berbasis teknologi informasi. Dan strategi pembelajaran merupakan perpaduan dari urutan kegiatan, cara pengorganisasian materi pelajaran dan siswa, peralatan dan bahan, serta waktu yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Dengan kata lain, strategi pembelajaran adalah cara yang sistematik dalam mengkomunikasikan isi pelajaran kepada siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu
    .
    5. Pemilihan teknik dan prinsip penilaian
    Jawab :
    Guna mencapai tujuan pembelajaran TIK SLTP dan SLTA dalam Pemilihan teknik dan prinsip penilaian karna Faktor bentuk penilaian pencapaian pelajar juga banyak mempengaruhi pemilihan kaedah pengajaran dan pembelajaran oleh guru. Misalnya, jika seseorang guru ingin menilai pencapaian murid dalam mata pelajaran seni, penilaian berbentuk projek lebih sesuai digunakan jika dibandingkan dengan penilaian berbentuk ujian bertulis. Ini kerana setiap kaedah pengajaran dan pembelajaran mempunyai bentuk penilaiannya yang tersendiri. Walau bagaimana pun, terpulang kepada seseorang guru itu bagaimana bentuk penilaian yang hendak dibuat asalkan ia sesuai dengan kaedah yang dipilih tersebut.

    BalasHapus
  3. Nama : ARIA HANDAYANI
    NPM : 1122007
    KLS : C

    JAWABAN : ( Part 1)

    1. Menurut Saya Kurikulum yang berlaku sekarang/2013 sangat tidaklah sesuai dengan keinginan hati para guru-guru yang ada di plosok. Mungkin menurut mentri semua orang bisa mempelajari TIK Karena mereka hanya melihat di sekiling kota saja tanfa memikirkan mereka yang ada di plosok .Tetapi menurut mereka yang ada di plosok tentang perubahan mata pelajaran TIK di hapuskan sangatlah mempersulit mereka yang sebagian guru tidak bisa bagaimana pengertian pembelajaran TIK itu lebih dalam, karena sebagian yang mereka tau hanya cara menggunakan yang biasa-biasa saja mereka tidak tahu bagaiman pembelajaran TIK itu lebih dalamnya. Jadi disini para guru yang ada di plosok yang merekanya tidak begitu paham dengan pemahaman tentang TIK Itu sendiri bagamana ?. dan tidak mungkin kan mereka harus kuliah lagi dengan mengambil matakuliah TIK, Karena sudah jelas pembelajarn TIK itu sendiri sudah di hapuskan. Disini saya menanggapi bahwa pemaham tentang perubahan kurikulum sangatlah tidak efesien.

    2. a. Dapat Menyadarkan kita supaya kemampuan di dalam perkembangan TIK kita Bisa termotivasi untuk mengevaluasi dan mempelajari TIK.
    b. Dan Juga Bisa Memotivasi kemampuan kita agar bisa beradaptasi dan mengantisipasi perkembangan TIK.
    c. Mengembangkan kemampuan belajar berbasis Teknologi Informasi danKomunikasi, sehingga proses pembelajaran dapat lebih optimal, menarik, dan mendorong siswa terampil dalam berkomunikasi, terampil mengorganisasi informasi, dan terbiasa bekerjasama.
    d. Mengembangkan kemampuan belajar mandiri, berinisiatif, inovatif, kreatif, dan bertanggung jawab dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk pembelajaran, bekerja, dan pemecahan masalah sehari hari.


    3. Menurut saya Pengertian RPP Itu sendiri adalah panduan/pedoman untuk belajar memang RPP hampir sama dengan silabus tetapi penjelasan RPP lebih banyak dan lebih luas dari pada silabus .RPP hanya di gunakan di dunia pendidikan. Pemahaman RPP itu sendiri harus adanya perencanaan, prinsip-prinsip pengembangan, kinerja guru dalam pengembangan RPP . contoh singkat dalam pembuatan RPP itu. Pertama kita harus mengisi kolom (nam sekolah, mata pelajaran, kelas/smester/alokasi waktu serta setandar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator), kedua tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, langkah-langkah kegiatan pembelajaran, sumber dan bahan belajar, serta penilaian.

    BalasHapus
  4. Nama : ARIA HANDAYANI
    NPM : 1122007
    KLS : C

    JAWABAN : ( Part 2)

    4. Strategi sangat berhubungan dengan metode dan media pembelajaran
    Strategi itu sendiri merupakan suatu serangkaian rencana kegiatan yang termasuk didalamnya penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya atau kekuatan dalam suatu pembelajaran.
    Media : media yang di gunakan di dalam proses belajar bisa berupa. Powerpont, LCD OVP, Buku, Internet dan lain-lain.
    Metode : menurut saya metode itu adalah cara yang dapat dipergunakan guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsung pembelajaran. Di dalam pembelajaran TIK Metode yang bisa di gunakan yaitu metode ceramah itu seperti menjelaskan mana yang belum bisa dimengerti .metode praktek ,misal mempraktekan bagaimana cara menghidupkan komputer.metode diskusi bertukar pendapat .

    5. Teknik itu sendiri dapat diatikan sebagai cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik. Misalkan, penggunaan metode ceramah pada kelas dengan jumlah siswa yang relatif banyak membutuhkan teknik tersendiri, yang tentunya secara teknis akan berbeda dengan penggunaan metode ceramah pada kelas yang jumlah siswanya terbatas. Begitu juga dengan penggunaan metode diskusi, perlu digunakan teknik yang berbeda pada kelas yang siswanya tergolong aktif dengan kelas yang siswanya tergolong pasif. Dalam hal ini, guru pun dapat berganti-ganti teknik meskipun dalam koridor metode yang sama.
    prinsip penilaian :
    1.Sahih: berarti penilaian didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur.
    2.Objektif: berarti penilaian didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas, tidak dipengaruhi subjektivitas penilai.
    3.Adil: berarti penilaian tidak menguntungkan atau merugikan peserta didik karena berkebutuhan khusus serta perbedaan latar belakang agama, suku, budaya, adat istiadat, status sosial ekonomi, dan gender.
    4.Terpadu: berarti penilaian oleh pendidik merupakan salah satu komponen yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran.
    5.Terbuka: berarti prosedur penilaian, kriteria penilaian, dan dasar pengambilan keputusan dapat diketahui oleh pihak yang berkepentingan.
    6.Menyeluruh dan berkesinambungan: berarti penilaian oleh pendidik mencakup semua aspek kompetensi dengan menggunakan berbagai teknik penilaian yang sesuai, untuk memantau perkembangan kemampuan peserta didik.
    7.Sistematis: berarti penilaian dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah baku.
    8.Beracuan kriteria: berarti penilaian didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang ditetapkan.
    9.Akuntabel: berarti penilaian dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya.

    BalasHapus
  5. Nama : Deska Fratami
    NPM : 1122004
    Kelas : C

    Jawaban ( Part 1)

    1.Dalam hal pemahaman kurikulum yang berlaku sekarang menurut pemaham (pendapat)saya kurang efektif dan efisien dikarnakan dalam kurikulum yang baru ini dari pihak pemerintah, mentri pendidikan dll tidak melihat atau memikirkan sekolah-sekolah yang ada dipelosok (daerah) dikarnakan belum tentu daerah tersebut mempunyai fasilitas yang ada untuk penerapan kurikulum yang baru ini. dan disini pihak mentri, pemerintah hanya melihat dari sisi sekolah yang ada diperkotaan saja tidak sampe sekolah yang ada daerah sedangkan mayoritas didaerah masih ada yang bulum ada aliran listrik, leptop dll dan terkarang mereka masih ngaptek jadi bagaimana proses pelajaran akan efektif dan efisien. dan dalam hal kurikulum baru ini ada mata pelajaran yang dihapuskan dan ada juga penambahan waktu dalam mata pelajarannya sedangakan dalam proses pembelajaran guru harus memahami tentang TIk karna dalam proses pembelajaran harus menggunakan TIk dan bagaimana dengan guru yang tidak bisa ?
    dan disini masih ada guru yang belum mendapatkan pelatihan dan kabarnya kurikulum 2013 ini akan ditunda 2-3 bulan lagi karna masih ada kendala diri buku pelajarannya.

    2.dalam hal tujuan pembelajaran mata pelajaran TIK anatara lain :
    .Untuk memperluas tentang ilmu teknologi
    .Untuk mempermudah kita dalam pencarian informasi baik dari bidang apapun, misalkan kedokteran, pendidikan, politik dll
    .Untuk mempermudahkan kita dalam berkomunikasi satu sama lainnya.
    .Untuk mengikuti perkembangan zaman yang ada saat ini.
    .Untuk membantu atau mempermudah kita dalam melakukan proses pembelajaran yang ada.
    .Untuk memberikan dorongan yang baru atau motivasi sipendidik untuk belajar.
    .Agar tidak ada kebosanan sipendidik dalam proses pembelajaran

    3. Dalam pembuatan RPP sangat penting Dimana rpp itu sendiri adalah rencana pelaksanaan pembelajaran dan bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan itu sendiri khususnya indonesia dan rpp itu sendiri perangkat utama dalam pembelajaran dan dalam pembuatannya tentuanya kita tidak langsung buat saja dikarnakan ada prosedurnya dan dalam pembuatan rpp ini disusun untuk setiap pertemuan bahkan bisa lebih dan rpp yang baik itu tentunya sipengajarnya nanti bisa membaca dan melakukan dalam tahap demi tahap yang telah dipaparkan sebelunnya.
    dan rpp itu sendiri menggambarkan prosedur, struktur organisasi pemeblajaran, standar isi dan silabus dimana itu untuk mencapai kompetensi dasar yang telah dibuat sebelunnya.
    rpp juga dalam pembuatanya guru tersebuat melibatkan (kognitif, afektif, psikomotorik) untuk susunan dalam membuat indikatornya.
    dalam dalam proses pengajar boleh tidak mengunakan rpp tetapi sipendidiknya sudah harus mengerti dan mendokumentasi skenario terlebih dahulu.

    BalasHapus
  6. Nama : Deska Fratami
    NPM : 1122004
    Kelas : C

    Jawaban ( Part 2)

    4.Dalam pemilihan strategi, media dan metode dalam proses untuk mencapai keberhasilan dalam pembelajarannya tentunya harus digunakan dan harus berkaitan dan berkesinambungan satu sama lainnya dan disesuai dengan mata pelajaran tentunya.
    disinikan strategi itu sendiri adalah pendekatan yang berkaitan dengan perencanaan, gagasan, pelaksanaan, dan eksekusi dalam kurun waktu tertentu.
    dan media itu alat yang digunakan dalam proses pembelajaran.
    dan metode adalah menyangkut masalah cara kerja kita untuk dapat memahami objek yang menjadi sasaran ilmu yang bersangkutan.
    dalam hal ini kita dalam memilihnya untuk dalam proses pembelajaran harus sesuai dan baik itu dari strategi, media dan metodenya.
    miasalkan
    5. dalam pemahaman saya dalam pemilihan teknik dan prinsip penilaian
    .dalam pemilihan teknik:
    Teknik atau rekayasa adalah penerapan ilmu dan teknologi untuk menyelesaikan permasalahan manusia.
    dan dalam pemilihan tekniknya juga harus disesuaikan juga misalkan pelajaran kimia dan otomatos menggunakan teknik kimia.
    dalam prinsip penilaian antara lain :
    1. Valid
    Penilaian valid berarti menilai apa yang seharusnya dinilai dengan menggunakan alat yang sesuai untuk mengukur kompetensi peserta didik. Contoh : misalkan Dalam pelajaran penjaskes, guru menilai kompetensi permainan badminton siswa dan, penilaian dianggap valid jika menggunakan test praktek langsung, tetapi jika menggunakn testertulis tidak valid.
    2. Obyektif
    Penilaian yang bersifat objektif tidak memandang dan membeda-bedakan latar belakang peserta didik satu dan yang lainnya, namun melihat kompetensi yang dihasilkan oleh peserta didik tersebut.
    3. Adil
    Peserta didik berhak memperoleh nilai secara adil, penilaian hasil belajar tidak menguntungkan atau merugikan peserta didiknya.
    4. Terbuka
    Penilaian harus bersifat transparan dan pihak yang terkait harus tau bagaimana pelaksanaan penilaian tersebut, dari aspek apa saja nilai tersebut didapat, dasar pengambilan keputusan, dan bagaimana pengolahan nilai tersebut sampai hasil akhirnya tertera, dan dapat diterima.
    5. Menyeluruh
    Penilaian diambil dengan mencakup seluruh aspek kompetensi peserta didik dan menggunakan berbagai teknik penilaian yang sesuai, termasuk mengumpulkan berbagai bukti aktivitas belajar peserta didik
    6. Berkesinambungan
    Pelaksanaan penilaian hasil belajar dilakukan untuk secara terencana, bertahap, dan terus menerus untuk memperoleh gambaran tentang perkembangan belajar peserta didik.
    7. Akuntabel
    Penilaian hasil belajar oleh pendidik dapat dipertanggung jawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya.

    BalasHapus
  7. Nama : Ardiyanti Putri
    Npm : 11 22 113
    kelas : C
    JAWAB (part 2)

    3).adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan perkiraan atau proyeksi mengenai tindakan apa yang akan dilakukan pada saat melaksanakan kegiatan pembelajaran. RPP mengambarkan prosedur dan pengoraginasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan telah dijabarkan dalam silabus.
    Adapun tujuan dan manfaat pembuatan RPP yaitu; untuk memberikan landasan pokok bagi guru dan siswa dalam mencapai kompetensi dasar dan indikator, memberi gambaran mengenai acuan kerja jangka pendek, karena disusun dengan menggunakan pendekatan sistem, memberi pengaruh terhadap pengembangan individu siswa, karena dirancang secara matang sebelum pembelajaran, berakibat terhadap nurturant effect.
    di dalam pembuatan rpp terdapat.
    a). nama sekolah,mata pelajaran,kelas,semester,alokasi waktu. b). standar kompetensi
    c). kopetensi dasar d). tujuan pembelajaran
    e). karakter siswa yang diharapkan f). materi ajar
    g). pendekatan dan metode pembelajaran\ h). langkah-langkah kegiatani. kegiatan inti
    j). kegiatan penutup k). sumbel belajar dan penilaian.
    4).pemilihan strategi, media, dan metode dalam pembelajaran tik di sltp maupun di slta adalah sangat penting karena,Untuk mencapai tujuan ini,komponen pendidikan harus dirancang sedemikian mungkin. Diantara komponen pendidikan yang harus menjadi perhatian para guru dan lembaga pendidikan adalah strategi, media dan metode pembelajaran.
    Saat ini, strategi, media dan metode pembelajaran berpusat pada aktivitas peserta didik (student centris) dalam suasana yang lebih demokratis, adil, manusiawi, memberdayakan, menyenangkan, menggairahkan, menggembirakan, membangkitkan minat belajar, merangsang timbulnya inspirasi, imajinasi, kreasi, inovasi, etos kerja, dan semangat hidup. Dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005, Bab IV, Pasal 19 dinyatakan bahwa proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologi peserta didik.
    5). dengan adanya pemilihan teknik dan prinsip penilaian dalam pembelajaran tik,guru bisa memberikan pengajaran atau mengajar adalah daya upaya, usaha-usaha, cara-cara yang digunakan guru untuk melaksanakan pengajaran atau mengajar di kelas pada waktu tatap muka dalam rangka menyajikan dan memantapkan bahan pelajaran agar tercapai tujuan dan prinsip penilaiannya guru mengambil dari proses belajarnya siswa.

    BalasHapus
  8. Nama : Muhammad Asmawi
    NPM : 09 22 224
    Kelas : C

    1. Pemahaman pada kurikulum yang berlaku
    Jawab :
    Pemahaman Guru akan Kurikulum yang merupakan Seperangkat Rencana atau Program yang di buat dan di susun untuk menjadi panutan dalam pelaksanaan proses pembelaaran di dalam kelas. Dengan kata lain kurikulum adalah alat atau jembatan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Kurikulum selalu mengalami perubahan untuk menyesuaikan dengan jaman dan kebutuhan lulusan. Untuk itulah guru harus terus mengikuti dan menjalankan kurikulum walaupun sering terjadi perubahan atau perbaikan di sana sini.

    2. Tujuan Pembelajaran pada mata pelajaran TIK
    Jawab :
    Tujuan dalam mata pelajaran TIK tertuang dalam indikator – indikator yang di susun dalam setiap kompetensi dasar yang terdapat di dalam RPP. Untuk itulah penentuan indikator – indikator serta penyusunan secara keseluruhan RPP yang dilakukan guru sangat mempengaruhi pencapaian tujuan mata pelajaran TIK.

    3. Pembuatan RPP
    Jawab :
    RPP selama ini dianggap guru sebagai tugas besar setiap awal tahun pelajaran. Pemahaman sebagaian besar orang terhadap RPP itu belum maksimal. RPP yang merupakan Satuan Kurikulum terkecil dan berada di barisan depan serta menjadi alat utama guru untuk mencapai tujuan mata pelajaran. (Fenomena “copy and Paste”) telah menjadi pemandangan biasa setiap tahunnya. Menerapkan RPP sendiri tentu saja lebih mudah darupada menjalankan RPP yang merupakan duplikat dari sekolah atau guru lain yang belum tentu sesuai dengamn kondisi dan kebutuhan serta kemampuan guru yang bersangkutan


    4. Pemilihan stratagi, media, dan metode
    Jawab :
    Strategi, media pembelajaran dan metode yang sangat banyak pilihannya akan memudahkan guru dalam melaksanakannya dalam proses belajar dan pembelajaran di dalam kelas. Pemilihan Strategi, media dan metode yang aktraktif dan sesuai akan sangat mempengaruhi proses pembelajaran.
    .
    5. Pemilihan teknik dan prinsip penilaian
    Jawab :
    Teknik adalah gaya seorang guru dalam menyampaikan metode pembelajarannya di dalam kelas. Gaya atau teknik guru dalam proses ini tentu saja akan mempengaruhi kondisi atau suasana di dalam kelas. Guru TIK lebih besar tugasnya dalam pengelolaan kelas di banding mata pelajaran lain. Sedangkan dalam prinsip penilaian seperti yang di jelaskan dalam pertemuan kemaren mencakup :
    1. Adil/ Fair
    2. Sahih
    3. Dapat dipertanggung jawabkan
    4. Berkesinambungan
    5. Mencakup semua ranah dalam Taksonomi Bloom ( Kognitif/afektif/psikomotorik)


    BalasHapus
  9. Nama : Sawaludin
    NPM : 11 22 264
    Kelas : C


    1. Menurut pemahaman saya kurikulum itu sangat penting karena kurikulum adalah pedoman bagi seorang guru didalam proses belejar mengajar

    2. Tujuanya adalah supaya siswa siswi bisa mengenal teknologi dan bisa memahi betapa pentingnya teknologi itu sendiri apalagi dizaman modren sekarang ini

    3. Rpp adalah rencna pelaksanaan pembelajaran oleh karena itu sebagai seorang guru harus bisa membuat rpp yang baik agar didalam proses belajar mengajar berjalan dengan apa yang kia harapkan

    4. Sebagai seorang guru kita harus bisa memilih stragi, media, dan metode yang tepat didalam proses belajar mengajar karena berhasil tidaknya didalam proses belajar bergantung pada strategi,media, dan metode

    5. Kita sebagai seorang guru harus bisa memilih tehnik yang tepat didalam proses belajar mengajar agar sesuai dengan yang kita harapkan.dan sebagai seorang guru didalam proses penilaian kita harus adil,objektif,valid,terbuka,bermakna,mendidik,menyeluruh,berkesinambungan, dan akuntabel

    BalasHapus