Sabtu, 06 Desember 2014

Pengembangan E-Learning dengan Video Tutorial Pada Mata Kuliah Komputer di Program Studi Teknologi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya

Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan oleh Amrullah (NIM 20092513020) pada tahun 2011. Amrullah (2011) melakukan penelitian pengembangan E-Learning dengan Video Tutorial pada Mata Kuliah Komputer di Program Studi Teknologi  Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya.
Amrullah ingin menghasilkan sebuah media pembelajaran berbasis ICT dan beroentasi pada kelas virtual.
Model pengebangan yang dilakukan dalam penelitian adalah model ADDIE. Berdasarkan model tersebut, tahapan yang digunakan yaitu penemuan atau analisis kebutuhan (analysis), desain (design), pengembangan (development), penerapan (implementation, dan evaluasi (evaluation). Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes, dan angket.
Hasil validasi menunjukkan bahwa video tutorial dan website learning yang dihasilkan terkategori valid dan praktis berdasarkan penilaian dari validator baik secara konten, konstruk, tampilan komunikasi visual dan pemanfaatan software sehingga dapat diujicoba lapangan kepada siswa dan mendapatkan hasil yang baik. Sedangkan aktivitas mahasiswa sebagai mahasiswa selama proses pembelajaran sebagai guru telah mencapai rata-rata  85,00% dan aktivitas mahasiswa diperoleh nilai rata-rata mencapai 69,00%. Hasil tes mahasiswa diperoleh nilai rata-rata mencapai 7.22% dapat dikategorikan baik.

Hasil angket pada field test menunjukkan bahwa penilaian rata-rata mahasiswa terhadap pendekatan e-learning pembelajaran adalah 2.84 atau  kategori baik. Hal ini dapat di lihat di gambar disamping dengan rincian per butir instrumen masuk dalam kategori "baik". Berdasarkan hal tersebut, Pendekatan e-learning terbukti memberikan kemudahan belajar, tidak terbatas pada ruang dan waktu, memiliki kemenarikan, dapat meningkatkan keberanian mahasiswa, membuat belajar lebih bermakna, dan mampu meningkatkan pengetahuan mahasiswa.

Kemudian pada field test, video tutorial juga diukur. Hasil angket rata-rata untuk media video tutorial mendapat nilai rata-rata 2.97 dengan kategori baik. Video tutorial mengandung inovasi khususnya inovasi pembelajaran. Video tutorial juga tidak terbatas ruang dan waktu, mampu meningkatkan kecakapan dan keaktifan mahasiswa.
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pendekatan e-learning dan video tutorial memiliki efek potensial keterlaksanaan untuk pembelajaran di Program Studi Megister Teknologi Pendidikan. Hasil angket pada field test untuk e-learning dan video tutorial memperlihatkan kelebihan kedua sumber belajar tersebut sehingga dapat direkomendasikan kepada Program Studi Magister Teknologi Pendidikan universitas Sriwijaya.

Semoga bermanfaat ^_^
Di analisis Oleh: Sulia Ningsih
E-mail: suliabunda@yahoo.co.id

0 komentar:

Posting Komentar