Minggu, 21 Juli 2013

Daftar nama yang sudah posting jawaban UTS

1. Nama : Lasmini (11 22 230) 2. Nama : Aris Titoles Aqino (09 22 258) 3. Nama : ARIA HANDAYANI NPM (1122007) 4. Nama : Deska Fratami (1122004) 5. Nama : Ardiyanti Putri (11 22 113) 6. Nama : Muhammad Asmawi (09 22 224) 7. Nama : Mardalena (1122090) 8. Nama : Dodi Novriansyah (0922194) 9. nama : henny erya yosiva (1122179) 10.NAMA : Randes Prayoga (1122089)

5 komentar:

  1. Nama : Mardalena
    NPM : 1122090
    Kelas: C
    Jawaban
    1.Analisis Kurikulum yg berlaku yaitu kurikulum
    perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta didik dalam satu periode jenjang pendidikan. Penyusunan perangkat mata pelajaran ini disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan setiap jenjang pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan tersebut. dan Lama waktu dalam satu kurikulum biasanya disesuaikan dengan maksud dan tujuan dari sistem pendidikan yang dilaksanakan. Kurikulum ini dimaksudkan untuk dapat mengarahkan pendidikan menuju arah dan tujuan yang dimaksudkan dalam kegiatan pembelajaran secara menyeluruh.
    2. Analisis tujuan pembelajaran pada mata pelajaran tik yaitu
    a.Menyadarkan siswa akan potensi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang terus berubah sehingga siswa dapat termotivasi untuk mengevaluasi dan mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai dasar untuk belajar sepanjang hayat.
    b.Memotivasi kemampuan siswa untuk bisa beradaptasi dan mengantisipasi perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, sehingga siswa bisa melaksanakan dan menjalani aktifitas kehidupan sehari-hari secara mandiri dan lebih percaya diri.
    c.Mengembangkan kompetensi siswa dalam menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mendukung kegiatan belajar, bekerja, dan berbagai aktifitas dalam kehidupan sehari-hari.
    d.Mengembangkan kemampuan belajar berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, sehingga proses pembelajaran dapat lebih optimal, menarik, dan mendorong siswa terampil dalam berkomunikasi, terampil mengorganisasi informasi, dan terbiasa bekerja sama.
    e. Mengembangkan kemampuan belajar mandiri, berinisiatif, inovatif, kreatif, dan bertanggung jawab dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk pembelajaran, bekerja, dan pemecahan masalah sehari-hari.



    3. Pembuatan RPP.
    Merupakan pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium, dan atau lapangan untuk setiap Kompetensi dasar. Oleh karena itu, apa yang tertuang di dalam RPP memuat hal-hal yang langsung berkaitan dengan aktivitas pembelajaran dalam upaya pencapaian penguasaan suatu Kompetensi Dasar.
    Dalam menyusun RPP guru harus mencantumkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang akan disusun dalam RPP-nya.Di dalam RPP secara rinci harus dimuat Tujuan Pembelajaran,Materi Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Langkah-langkah Kegiatan pembelajaran, Sumber Belajar, dan Penilaian.
    Di dalam penyususan RPP terdapat langkah –langkah penyusunan RPP yaitu Mencantumkan identitas :
    a. Nama sekolah
    b. Mata pelajaran
    c. Kelas/semester
    d. Standar kompetensi
    e. Kopetensi dasar
    f. Fidikator
    g. Alokasi waktu

    BalasHapus
  2. 4.Analisis pemilihan strategi,media, dan metode
    yaitu Kegiatan guru saat merancang pembelajaran amatlah krusial. Salah satu bagian dari kegiatan merancang pembelajaran ini adalah menentukan pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran. Apabila guru memilih pendekatan, metode, strategi, dan teknik yang tidak tepat dapat dipastikan bahwa pembelajaran tidak akan berjalan efektif. Sementara bila guru berhasil memilih dan menentukan pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran dengan baik, dapat diasumsikan bahwa pembelajaran yang akan dilakukannya
    kemungkinan besar akan berjalan efektif.
    Nah, untuk menentukan atau memilih pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran yang sesuai, maka guru harus memperhatikan dan mempertimbangkan beberapa hal, seperti:
    a.Kesesuaian pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran dengan tujuan pembelajaran.
    b.Kesesuaian pendekatan, metode, strategi, dan teknik pembelajaran dengan materi pembelajaran
    c.Ketersediaan media, alat, bahan, dan sumber belajar.
    d.Kemampuan Siswa.
    e.Gaya belajar siswa.
    f.Ketersediaan waktu.
    g.Jaminan adanya variasi.
    h.Jaminan adanya interaksi antara guru-siswa, siswa-guru, dan siswa-siswa.

    5.Analisis pemilihan tekinik dan penilaian
    Belajar dan mengajar adalah suatu proses yang mengandung tiga unsur utama yaitu: tujuan pengajaran, pengalaman (proses) belajar mengajar, dan penilaian hasil belajar. Dalam perumusan tujuan pengajaran, guru merumuskan bentuk-bentuk perubahan tingkah laku yang diinginkan terjadi di dalam peserta didik. Sebagaimana dirumuskan sebagai standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam kurikulum. Dalam pelaksanaan kegiatan belajar terdapat strategi, metode dan media yang digunakan oleh guru untuk mencapai tujuan pembelajaran seoptimal mungkin.Sedangkan penilaian hasil belajar merupakan kegiatan untuk melihat sejauh mana tujuan pengajaran telah dicapai atau dikuasai oleh peserta didik dalam bentuk hasil belajar yang bisa mereka tunjukan setelah menjalani kegiatan belajar mengajar. Penilaian hasil belajar sebagai babak final dalam pembelajaran memiliki peran yang sangat penting. Ketepatan pemilihan metode penilaian hasil belajar, indikator yang digunakan, dan jenis/alat penilaian memiliki andil besar dalam berhasil tidaknya proses penilaian. Sebagai mana tujuan pengajaran yang selalu mengikuti perkembangan yang ada dan strategi kegiatan belajar yang selalu berkembang, penilaian hasil belajar juga sepatutnya juga berkembang demi keoptimalan dalam menilai tingkat keberhasilan peserta didik.

    BalasHapus
  3. Nama : Dodi Novriansyah
    Npm : 0922194
    Kelas : C

    1) Kurikulum yaitu perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran atau peserta didik dalam satu periode jenjang pendidikan. Dalam hal ini seorang guru harus paham terhadap hakekat dari suatu kurikulum tersebut. Sebab kurikulum menjadi induk dari rancangan perangkat pendidikan yang digunakan dalam proses pembelajaran. Jika seorang guru kurang paham terhadap kurikulum maka keberhasilan pembelajaran kemungkinan tidak akan berjalan sesuai kehendak pemerintah. Kasus kali ini lebih dikhususkan kepada mata pelajaran TIK baik di SLTP maupun SLTA.

    2)Menurut saya Tujuan pembelajaran pada mata pelajaran TIK yaitu:
    a. Kita melihat karakteristik siswa itu terlebih dahulu
    b. Tingkah laku dimana siswa diharapkan mamu mengimplementasikan pembelajaran yang telah diberikan oleh pendidik.
    c. Kondisi, kondisi pembelajaran juga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa, apabila kondisi kelasnya gaduh maka akan mempengaruhi hasil belajar siswa.
    d. Kriteria dimana disini sejauh mana kemampuan/keterampilan siswa dalam mengembangkan pembelajaran tersebut.

    3) RPP adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan manajemen pembelajaran untuk mencapai satu atau lebih kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar isi dan dijabarkan dalam silabus. RPP merupakan komponen penting dari kurikulum tingkatan satuan pendidikan (KTSP), yang pengembangannya harus dilakukan secara profesional.

    4) Pemilihan Strategi, media & metode
    1. Pemilihan strategi yaitu seseorang pendidik dapat melihat kondisi atau kemampuan siswanya terlebih dahulu, apakah setelah itu pendidik menyesuaikan strategi apa yang cocok digunakan pada peserta didik yang ingin kita ajar.
    2` Media, yaitu sarana pembelajaran yang sangat mempengaruhi efektivitas pembelajaran siswa, apabila media pembelajarannya kurang menarik maka semangat/motivasi siswa akan berkurang untuk mengikuti proses belajar dan mengajar. Contohnya; Media Power Point`
    3. Metode, yaitu seorang pendidik harus memahami metode pembelajaran, karena apabila ada seorang peserta didik yang kurang merespons dalam proses pembelajaran, misalnya siswanya ngantuk, maka langkah seorang pendidik yaitu memindahkan gaya metode pembelajaran tersebut, misalny; guru menggunakan metode ceramah dan ketika melihat siswa yang ngantuk maka guru tersebut beralih menggunakan metode tanya jawab agar siswa yang ngantuk tadi menjadi merasa di ikut sertakan dalam proses belajar dan mengajar.

    5)Dalam proses pembelajaran, ada yang namanya teknik pembelajaran & penilaian pembelajaran.
    - Teknik pembelajaran bisa diarahkan ke cara seorang guru dalam penyampaian materi kepada peserta didik, sedangkan penilaian lebih mengacu kepada pengevaluasian hasil pembelajaran. Jadi pemilihan teknik haruslah sesuai dengan kondisi siswa, apalagi pada saat ini kita menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang lebih mengacu kepada peranan siswa yang dituntut lebih kreatif dan guru sebagai fasilitator. Kemudian dalam penilaian harus memilih prinsip-prinsip yang di sesuaikan dengan kurikulum dan kondisi belajar siswa.

    BalasHapus
  4. NAMA : Randes Prayoga
    NPM : 11.22.089
    KELAS : C



    1) Pemahan Kurikulum yang berlaku saat ini.
    Kurikulum adalah perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan, makna kurikulum tersebut bukan saja dari isi ke proses tetapi juga terdapat pergeseran cakupan atau lingkup makna kurikulum dari yang sempit ke yang sangat luas.
    Melihat perjalanan sejarah pendidikan dari dekade sebelumnya, para orang tua, secara subyektif membuat perbandingan antara situasi pendidikan masa kini dengan situasi di mana mereka dulu mengalami pendidikan di sekolah, atas situasi, sikap, perilaku sosial anak-anak, remaja, generasi muda sekarang, sebagian orang tua menilai terjadinya kemerosotan atau degradasi sikap atau nilai-nilai budaya bangsa. Mereka menghendaki adanya sikap dan perilaku anak-anak yang lebih berkarakter, kejujuran, memiliki integritas yang merupakan cerminan budaya bangsa, dan bertindak sopan santun dan ramah tamah dalam pergaulan keseharian. Selain itu diharapkan pula generasi muda tetap memiliki sikap mental dan semangat juang yang menjunjung tinggi etika, moral, dan melaksanakan ajaran agama.

    2) Sebelum kita mempelajari TIK, tentu saja kita juga harus mengetahui tujuannya. Berikut ini adalah tujuan-tujuan TIK :
    a. Menyadarkan kita akan potensi perkembangan TIK sehingga kita termotivasi untuk mengevaluasi dan mempelajari TIK.
    b. Memotivasi kemampuan kita agar bisa beradaptasi dan mengantisipasi perkembangan TIK.
    c. Mengembangkan kompetensi kita dengan menggunakan TIK untuk mendukung kita dalam belajar, maupun bekerja nantinya.
    d. Mengembangkan kemampuan belajar berbasis TIK, sehingga proses pembelajaran kita lebih tepat dan akurat.
    e. Mengembangkan kemampuan belajar mandiri, inovatif dan kreatif.

    3) Pendidikan adalah proses yang bersifat terencana dan sistematik, karena itu perencanaannya disusun secara lengkap, dengan pengertian dapat dipahami dan dilakukan oleh orang lain dan tidak menimbulkan penafsiran ganda. Sebagai illustrasi dapat kita gunakan profesi seorang Insiyur bangunan. Rancang bangun yang disusunnya dapat dilaksanakan dengan baik oleh beberapa orang tukang bangunan dibantu dengan beberapa orang buruh bangunan. Mengapa? karena rancang bangun yang disusun Insinyur tersebut cukup lengkap dan operasional, sehingga seorang tukang yang tidak memiliki pendidikan teknik bangunan sekalipun dapat memahami dan melaksanakannya.
    Seharusnya RPP tersebut disusun selengkap mungkin dan sistematis sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru lain. Terutama ketika guru yang bersangkutan tidak hadir, guru lain dari mata pelajaran serumpun dapat menggantikan langsung, tanpa harus merasa kebingungan ketika hendak melaksanakannya.

    BalasHapus
  5. 4) a. Pemilihan Strategi adalah melakukan persiapan untuk mencakup analisis Kurikulum, analisis kebutahan manusia maupun desain.
    Mempersiapkan bahan pembelajaran metode yang digunakan secara umum seperti klasikal, kelompok, maupun individu.
    Melakukan Evaluasi yang diperlukan untuk mengetahui apakah strategi yang digunakan cocok atau tidak.
    b. Media dalam pembelajaran mempunyai peran yang sangat banyak, apa lagi media digunakan adalah media TIK, dalam hal ini komputer dan perangkat lainnya, peran media dalam pengajaran adalah :
    - Mendepan bagian yang tertentu yang dianggap penting.
    - Memberikan pengganti pengalaman yang berlangsung.
    - Memberikan pengalaman dari segin pengamatan.
    - Menyajikan perbedaan warna secara visual.
    - Menyajikan informasi yang memerlukan gerakan.
    c. Metode dalam TIK adalah bagian ini metode menjadi peranan penting pada kelangsungan hasil proses belajar mengajar, kaarena guru dan peserta didik harus paham betul teknik metode. Metode ini pada penerapannya diformulasikan kepada sistim cara belajar siswa lebih tinggi keaktifannya dalam menempuh pembelajaranya.

    5) - Pemilihan teknik merupakan kita harus menggunakan teknik yang tepat agar peserta didik yg kita ajar tidak merasa bosan dengan apa yang kita sampaikan.
    - Prinsip Penilaian adalah suatu yang telah kita ajarkan kepada peserta untuk menilai apa yg telah mereka lakukan.

    BalasHapus